Senin, 22 Oktober 2012

PENJUALAN AIR MINUM KEMASAN AQUA

ANALISIS JURNAL PERTAMA
AIR MINUM KEMASAN

TEMA : KEPUASAN KONSUMEN
PENGARANG : ADI PUTRO NUGROHO
TAHUN : 2012
JUDUL :PENJUALAN AIR MINUM KEMASAN AQUA

1. LATAR BELAKANG

AQUA memegang lebih dari 62% pasar air kemasan di Indonesia, negara dengan penduduk terpadat ke lima di dunia. Ada beberapa kemudahan untuk masuk pada industri air kemasan yaitu teknologi air kemasan tidak sulit dan kebutuhan modal juga tidak terlalu banyak. Pemasaran memberikan kelebihan kompetitif yang utama di antara produsen air kemasan. Distribusi dan iklan yang efektif untuk membedakan dan menghasilkan loyalitas merek adalah kunci keberhasilannya.
Diferensiasi adalah tujuan pertama Tirto. Pada cara pemasaran yang cerdas, dia menyebut produknya AQUA (bahasa latin untuk “air”). Orang-orang asing di Indonesia, sebagai pasar sasaran awal, bisa paham apa maksud kata tersebut. Lebih dari 300 bahasa yang diucapkan di Indonesia dan sensitivitas etnis sangatlah penting. Pemilihan istilah Latin adalah netral, dan tidak menguntungkan kelompok etnis tertentu. Sebagai bonus, AQUA adalah kata yang mudah diucapkan bagi penutur bahasa manapun.

2. MASALAH

Bagaimana penjualan AQUA di daerah Jakarta? Apakah ini memunculkan suatu masalah ?

3. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan para konsumen memilih menggunakan produk Aqua dibandingkan memilih produk lain.

4. METODOLOGI PENELITIAN

DATA
Dilakukan secara kuisioner kepada masyarakat sekitar Jakarta dan pemilik toko

VARIABEL
Para konsumen pemakai produk Aqua
MODEL PENELITIAN
Matematis

5. HASIL

Jakarta adalah pasar yang sangat besar, tetapi Jakarta juga merupakan rumah bagi kelas intelektual menengah yang tumbuh di Indonesia. Kelompok lingkungan yang sudah ada mengeluh dengan masalah sampah yang disebabkan oleh wadah-wadah kosong AQUA.
6. KESIMPULAN

Mayoritas penduduk Jakarta memilih air minum Aqua, karena menurut mereka selain proses pengembangan yang mencari bahan-bahan pengemasan dan cara-cara yang baru untuk menarik konsumen. Teknologi yang digunakan sudah canggih dan produknya sudah terkenal sehingga mudah didapat.


Sumber : Google.com
Aqua.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar