Kamis, 14 Oktober 2010


          BAB  1
IBD Sebagai Bagian Darimata Kuliah Dasar Umum
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut:
·       Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan dan tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai Sarjana Indonesia.
Contoh: Berjiwa pancasila dan selalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
·       Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
Contoh: Taat beragama dan selalu bertindak sesuai ajaran agamanya.
·        Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi, politik kebudayaan maupun pertahanan keamanan.
Contoh: mampu menyikapi permasalahan kehidupan.
·       Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan masyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama berperan dalam pelestariannya.
Contoh: berperan dalam pelestarian untuk meningkatkan kualitas dan lingkungan alamiah.

                             Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Menurut prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa Ilmu Pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar:
1.    Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science) bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta.
2.    Ilmu-ilmu Sosial (social Science) bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
3.    Pengetahuan Budaya (The Humanities)bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.



                   Tujuan Ilmu budaya Dasar
·       Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentigan profesi mereka.
·       Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
·       Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan perkotakan disiplin yang ketat.
·       Menguasai wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.




                   Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Dua masalah pokok ialah :


·       Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahua budaya.
·       Hakekat manusia yang satu atau universal,akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalamkebudayaan masing-masig zaman dan tempat.


Pokok bahasan yang akan dikembangakan adalah:
·       Manusia dan Cinta Kasih; Manusia dan Keindahan;
·       Manusia dan Penderitaan; Manusia dan Keadilan;
·       Manusia dan Pandangan Hidup; Manusia dan Tanggungjawab;
·       Manusia dan Kegelisahan; Manusia dan Harapan.
Narasumber: burhan@staff.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar