Kamis, 03 Januari 2013

Daun Kelor dan Khasiatnya

Pertama kali membaca atau mendengar daun kelor mungkin sebagian anda ada yang langsung berfikir tentang hal-hal yang berbau mistis. Memang, daun kelor sering dijadikan bahan atau pelengkap ritual-ritual gaib oleh para pelakunya. Namun, tim Aneka Khasiat tidak akan membahas tentang ritual-ritual menggunakan daun kelor tersebut, melainkan akan menjelaskan khasiat daun kelor khususnya untuk penyakit diabetes.
Daun kelor terbukti menyembuhkan penyakit diabetes ini telah dibuktikan oleh Jaiswal Dolly, seorang peneliti dari Departemen Kimia Universitas Allahabad, India, ini menunjukkan bukti bahwa kandungan yang terdapat pada daun kelor lebih manjur menurunkan kadar gula dara dibandingkan dengan Glipizide. Glipizide sendiri adalah obat yang biasa dianjurkan para dokter untuk mengobati kencing manis.

Khasiat Daun Kelor yang Serbaguna

Sebetulnya sangat banyak khasiat lain dari daun kelor dalam dunia pengobatan. Selain diabetes, daun kelor ini ternyata bisa juga menjadi obat untuk beberapa penyakit, seperti memperbaiki fungsi hati yang berhubungan dengan pencernaan dan detoksifikasi, hepatitis, hiperlipidemia alias kolesterol tinggi, dan jantung.
Sangat hebatnya Allah SWT menciptakan daun kelor disertai dengan fungsi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Daun yang berasal dari pohon stik drum itu mengandung senyawa aktif dan gizi yang lengkap. Beberapa senyawa aktif dalam daun kelor adalah arginin, leusin, dan metionin.tubuh memang memproduksi arginin, tetapi sangat terbatas. Oleh karena itu perlu asupan dari luar seperti kelor. Kandungan arginin pada daun kelor segar mencapai 406,6 mg; sedangkan pada daun kering 1.325 mg. Menurut Dr Mien Karmini, arginin meningkatkan kekebalan tubuh, juga mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan melawan kanker, dan memperlambat pertumbuhan tumor. Sementara metionin yang kadarnya mencapai 117 mg pada daun segar dan 350 mg (kering) mampu menyerap lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, metionin menjadi kunci kesehatan hati yang banyak berhubungan dengan lemak. Tubuh juga memerlukan leusin karena tak mampu memproduksi sendiri. Daun kelor segar mengandung 429 mg leusin berperan dalam pembentuka protein otot dan fungsi sel normal.

khasiat lainnya

1. Anti inflamasi
Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “miracle tree” maupun “Tree for Life”.
Dari penelitian daun kelor mamppu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.
Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor dapat sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan juga terkait peran i2 sitosterol, senyawa bio aktif yang terkandung dalam daun kelor.

3. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu
Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Manfaat daun kelor ini juga telah dibuktikan dengan mengatasi gizi buruk di afrika. 10 Tahun yang lalu jika kita mendengar ethiopia pasti identik dengan kelaparan. Tapi hari ini berkat daun kelor bersama dengan program PBB dan LSM mampu menuntaskan masalah kelaparan dengan media daun kelor dan pohon kelor.

cara meramu daun kelor

Untuk menjadikannya sebagai obat, tentunya anda tidak bisa mengonsumsinya mentah-mentah (keculi memang anda suka). Agar lebih bersih dari kuman, sebaiknya daun kelor direbus sampai mendidih, diamkan sejenak, lalu rebus lagi hingga 15 menit. Lalu, akankah kandungan zat bermanfaatnya akan hilang setelah direbus? Tidak, asalkan saat merebusnya menggunakan wadah berbahan tanah liat atau kaca yang tahan panas.

Semoga bagi anda atau kerabat anda yang punya penyakit diabetes, artikel ini bisa bermanfaat dan bisa dipraktekkan dalam ikhtiar penyembuhan penyakit tersebut.

sumber:
http://anekakhasiat.blogspot.com/2012/07/khasiat-daun-kelor-mengobati-diabetes.html
http://daunkelor.com/category/manfaat-daun-kelor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar