Kamis, 29 November 2012

BAB 4

4.1 DESKRIPSI DATA
Dalam meningkatkan penjualan air minum kemasan Aqua, SanQua, Alto menerapkan strategi pemasarannya dimana strategi pemasaran yang digunakan yaitu strategi produk, strategi penetapan harga, saluran distribusi, dan strategi promosi. Dalam menerapkan strategi pemasaran tersebut, Ketiganya memasarkan produksi barangnya selalu membuat perencanaan, agar barang yang diproduksi laku terjual.
Adapun data air minum kemasan yang paling banyak dikonsumsi adalah sebagai berikut :


Air Minum Kemasan yang Paling Diminati

AIR MINUM DALAM KEMASAN
POSISI MERK
1 AQUA
2 ALTO
3 SANQUA



Dari data diatas dapat dilihat bahwa masyarakat paling banyak memilih produk Aqua dibandingkan SanQua dan Alto. Hal ini disebabkan air minum Aqua lebih terdahulu terkenal produksinya dan lebih terpercaya.

4.2 ANALISIS DATA

Analisis SWOT merupakan analisis yang digunakan oleh perusahaan untuk menemukan alternatif-alternatif dan strategi-strategi yang akan dipakai oleh perusahaan dalam mencapai sasarannya. Adapun faktor-faktor analisis SWOT pada Perusahaan air minum :

1.Strengths (Kekuatan)
Faktor-faktor kekuatan internal Perusahaan Air Minum :
•Produk yang mengikuti perkembangan jaman dan sesuai dengan selera konsumen.
•Harga Produk sedikit lebih murah dibanding para pesaing
•Produk dapat dibeli dengan mudah oleh konsumen
•Manajemen perusahaan yang terorganisir dengan baik
2.Weaknesses (Kelemahan)
•Faktor-faktor yang menjadi kelemahan Perusahaan Air Minum antara lain:
Kurang gencarnya promosi yang dilakukan guna mempengaruhi pembelian konsumen terhadap produk air minum
•Sedikitnya invertor yang menanamkan modalnya pada perusahaan
•Sebagian pekerja kurang terampil dalam mendesain produk
3.Opportunities (Peluang)
Yang termasuk ke dalam peluang eksternal yang dimiliki oleh Perusahaan air minum di dalam memasarkan produk air minum diantaranya:
•Produk yang diproduksi mempunyai kualitas yang baik dengan harga terjangkau
•Letak lokasi perusahaan yang strategis
•Mulai membaiknya kodisi perekonomian di Indonesia akhir-akhir ini
•Perusahaan dapat menciptakan lapangan kerja
4.Treaths (Ancaman)
Hal-hal yang tergolong ke dalam ancaman yang akan dialami Perusahaan air minum yaitu:
•Semakin banyak terdapat induustri-industri air minum di Indonesia
•Situasi politik yang belum stabil di Indonesia saat ini
•Situasi pasar yang masih lesu dan nilai tukar rupiah yang belum stabil
•Semakin gencarnya promosi yang dilakukan oleh para pesaing

Berdasarkan faktor-faktor tersebut di atas, maka dapat diambil analisis bahwa di dalam menerapkan strategi pemasarannya, Perusahaan Air Minum memakai kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dan mencoba mengembangkan kesempatan-kesempatan yang dimilikinya. Sedangkan untuk mengantisipasi kegagalan yang munngkin dialami oleh perusahaan, perusahaan berusaha memperbaiki kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan dan mengantisipasi ancaman-ancaman yang akan dihadapinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar