5.1 KESIMPULAN
Seperti yang telah diuraikan dalam Bab 1 bahwa permasalahan yang akan
dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap konsumen untuk melakukan
keputusan pembelian. Hasil penelitian ini berhasil menemukan bahwa ada tiga faktor
yang dapat mempengaruhi secara signifikan sikap konsumen yaitu kualitas produk,
harga kompetitif, dan citra merek. Dari ketiga faktor tersebut, faktor citra merek
ternyata memilki pengaruh paling kuat terhadap sikap konsumen dibandingkan
dengan kualitas produk dan harga kopetitif.
Temuan ini menunjukkan perusahaan sebaiknya memberikan perhatian lebih
pada harga kompetitif dan kualitas produk yang baik sesuai dengan keinginan
konsumen, memberikan segala sesuatu yang maximal dalam kualitas seperti
performance dalam hal imi berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang dan
merupakan karakteristik utama yang di pertimbangkan dalam membeli barang
khusunya aqua ,conformance hal ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian
terhadap spesifikasi air minum dalam kemasan yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan
keinginan pelanggan dan serviceability yaitu karakteristik air minum dalam kemasan yang
berkaitan langsung dengan kecepatan, kompetensi, kemudahan, dan akurasi dalam
memberikan layanan untuk perbaikan barang.adapun harga kompetitif dalam
persaingan yang ketat saat ini harus di perhatikan peranan informasi dari harga
,dimana fungsi harga air minum dalam kemasan dalam mendidik konsumen mengenai faktor –faktor
produk, seperti kualitas. Hal ini terutama bermanfaat dalam kondisi dimana
konsumen air minum dalam kemasan mengalami kesulitan untuk menilai faktor produk atau
manfaatnya secara obyektif.
5.2 SARAN
1. Perusahaan air minum dapat meningkatkan pemasarannya dengan cara promosi iklan melalui media elektronik seperti televisi,radio, dan internet dan juga bisa melalui media cetak seperti Koran, dan lainnya. Tujuannya agar produk dapat lebih dikenal masyarakat banyak dan memperoleh laba yang maksimum.
2. Sebaiknya Perusahaan Air Minum Alto dan Sanqua lebih baik lagi untuk memproduksikan produknya agar tidak kalah saing dengan produk air minum lainnya yang sudah lebih dahulu terkenal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar